Langsung ke konten utama

Roborovski Brown Face / Normal






Roborovski Brown Face /  Normal
Harga per ekor 50.000,-
*harga diatas adalah untuk hamster anakan


Ciri fisik :
- warna bulu bagian bawah putih
- warna bulu bagian atas coklat
- memiliki kumis yang lebih banyak dan panjang
- memiliki tubuh yang kecil dan sangat gesit
- warna wajah coklat dengan alis putih
- warna mata hitam
- panjang saat dewasa 5cm

Hamster Roborovski Merupakan hamster terkecil dan paling lincah dibandingkan hamster lainnya. Sehingga hamster jenis ini menjadi hamster pilihan jika di adakan lomba lari hamster.

Hamster roborovski dewasa mempunyai ukuran sekitar 5 cm, hamster ini mempunyai gerakan paling lincah, suka berlari, melompat dan cenderung takut pada manusia dibandingkan terhadap yang lain.

Hamster roborovski hanya memiliki 2 variasi yaitu hamster roborovski white face (muka putih) dan brown face/normal face (muka coklat) dengan warna bulu kurang lebih sama antara kedua variasi tersebut, yaitu punggung kekuningan dan putih perut. Namun hamster roborovski memiliki mutasi warna dan corak yang mungkin banyak orang belum mengetahuinya. 

Hamster Roborovski merupakan hamster yang paling digemari karena ukurannya yang paling kecil dan mempunyai muka yang berbeda dari hamster lain. Hamster ini sangat lincah dan suka bermain sehingga lebih terlihat aktif.

A. Sejarah Hamster Roborovski
Hamster Roborovski berasal dari Mongol bagian barat dan timur serta sebelah utara Cina. Hamster ini biasanya hidup di Gurun Gobi, padang pasir Mongolia dan Tiongkok utara. Mereka biasanya menggali lubang dengan kedalaman 60-200 cm dibawah tanah.

B. Karakteristik Hamster Roborvski
Hamster Roborovski mempunyai karakter yang defensif sehingga hamster ini akan sangat sulit untuk dipegang. Hamster ini akan cendrung untuk kabur apabila seseorang mencoba untuk memgangnya.

Roborovski berukuran sangat kecil, ukuran Roborovski dewasa hanya berkisar 4-5cm dengan bentuk tubuh yang lain dari hamster lain (lebih ramping) dan kaki belakang yang panjang memungkinkan hamster jenis ini bergerak dengan sangat cepat. Hal ini yang mengakibatkan banyak orang memilih Roborovski dipilih sebagai hamster dalam perlombaan hamster cepat.

Hamster Roborovski dapat hidup sekitar 2-3 tahun. Hamster ini merupakan hamster yang sangat romantis dan sayang satu sama lain. Jika hamster roborovski hidup bersama-sama sejak kecil mereka akan tidur bersama-sama, makan dan bermain bersama-sama.

C. Kelebihan dan Kekurangan Hamster Roborovski
  • kelebihan Roborovski
    • Hamster yang paling digemari karena ukurannya yang kecil dan bentuknya yang lucu.
    • Bentuk muka yang paling berbeda dibanding hamster lain, lebih lucu.
    • Lincah dan suka bermain jadi terlihat lebih aktif.
    • Mata yang bulat dan besar.
  • kekurangan Roborovski
    • Sulit dipegang karena biasanya mereka melompat jika berada di tangan manusia.
    • Terlalu kecil untuk digenggam dengan nyaman.
    • Sifatnya yang defensif membuat mereka menjadi penakut.
    • Hamster yang paling tidak cocok untuk anak-anak kecil yang baru mulai belajar memelihara binatang.
    • Lebih lama dalam berkembang biak.
D. Yang cocok memelihara hamster ini
  • Orang yang ingin memelihara hamster yang selalu aktif dan suka bermain di kandang
  • Orang yang ingin memiliki hamster yang dapat berlari cepat jika ada lomba lari hamster
  • Orang yang tidak ingin sering-sering membersihkan kandang hamster (Roborovski kotorannya sedikit dan sangat kecil)


*source : CloeHamsters, SangattaHamster
*photo : CloeHamsters, Pudding.Hamster

Komentar

  1. Halo min, Roborovski saya dua2nya jantan normal face dan husky. Pas kecil sangat akur tapi pas gedean tiba2 berantem sampe yg satu berdarah2. Ini kenapa ya? bukannya roborovaki katanya hamster yg romantis dan sayang satu sama lain?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syrian Fujiyama (White Sprinkled)

Syrian White Sprinkled (Fujiyama) Harga per ekor 100.000,- *harga diatas adalah untuk hamster anakan Kenapa namanya hamster Syrian? Simple, karena hamster ini berasal dari  Aleppo  wilayah sekitar Siria. Hamster Syrian ini adalah hamster yang paling besar dari antara hamster lain bahkan sampai ada sebutan “ Giant Hamste r” untuk hamster jenis ini dan hamster betina itu lebih besar dari hamster jantan lho karenanya terus terang saja hamster Syrian sebenarnya termasuk hewan liar yang tidak boleh di pelihara manusia apalagi di perjual-belikan. Tapi hamster Syrian ini adalah hamster yang paling di pelihara dan di sukai banyak orang bahkan sangat mudah di jumpai di pet-shop manapun. Kenapa? Karena hamster ini adalah hamster yang paling mudah untuk kita jinakan secara cepat dan kita bisa memegangnya tanpa harus banyak basa-basi soalnya hamster Syrian ini gerakannya relative lambat jadi untuk anak-anak juga pasti senang kalau memelihara hamster ini. Jadi te

Hybrid Golden Red Eye

Hybrid Golden Red Eye Harga per ekor 50.000,- *harga diatas adalah untuk hamster anakan Ciri fisik : - warna bulu saat bayi orange kekuningan, ada juga yg berwarna cream - warna bulu saat dewasa berubah menjadi lebih cerah (putih) dengan garis kuning - warna mata merah cerah - panjang tubuh saat dewasa bisa 7-9 cm - bentuk tubuh membulat (mudah gemuk) Hamster Hybrid  adalah persilangan antar jenis hamster yang menghasilkan hamster tanpa identitas yang pasti. Hamster hybrid hanya bisa terjadi karena campur tangan manusia. Perkawinan antar jenis hamster tidak akan pemah ditemukan di alam bebas. Umumnya istilah hamster hybrid ditujukan untuk hamster hasil persilangan antara hamster mini jenis campbell dan winter white. Di alam bebas, kedua jenis hamster ini berasal dari wilayah yang berbeda. Sebenarnya mengawinkan dua jenis hamster ini bukan merupakan hal yang bijak karena kedua jenis hamster ini mempunyai kecenderungan untuk terserang penyakit yan

Hybrid Blue Argente

Hybrid Blue Argente Harga per ekor 30.000,- *harga diatas adalah untuk hamster anakan Ciri fisik : - agak mirip dengan hamster campbell - warna bulu cream dengan garis abu2 muda nyaris kebiruan - warna mata merah gelap - panjang tubuh saat dewasa bisa 7-9 cm Hamster Hybrid  adalah persilangan antar jenis hamster yang menghasilkan hamster tanpa identitas yang pasti. Hamster hybrid hanya bisa terjadi karena campur tangan manusia. Perkawinan antar jenis hamster tidak akan pemah ditemukan di alam bebas. Umumnya istilah hamster hybrid ditujukan untuk hamster hasil persilangan antara hamster mini jenis campbell dan winter white. Di alam bebas, kedua jenis hamster ini berasal dari wilayah yang berbeda. Sebenarnya mengawinkan dua jenis hamster ini bukan merupakan hal yang bijak karena kedua jenis hamster ini mempunyai kecenderungan untuk terserang penyakit yang berbeda. Jadi, dengan melakukan persilangan antar hamster pada dasamya sama saja dengan mempertemukan atau mengum