Langsung ke konten utama

Winter White Tiger / Normal












Winter White Tiger / Normal
Harga per ekor 30.000,-
*harga diatas adalah untuk hamster anakan

Ciri fisik :
- agak mirip dengan hamster campbell
- warna permukaan bulu abu2 dengan garis hitam
- warna dasar bulu berwarna cream atau kekuningan tp biasanya tidak seberapa terlihat
- panjang tubuh saat dewasa bisa 7-9 cm

Hamster Mini Winter White (biasa disebut Hamster Winter White saja atau WW) merupakan hamster yang paling banyak dicari oleh orang yang ingin memiliki hamster yang jinak dan manja. Karena hamster jenis ini mempunyai karakter yang tenang (walau banyak juga yang penakut).

Hamster Winter White mempunyai penampilan yang mirip dengan hamster campbell, tetapi memiliki beberapa perbedaan. Hamster Winter White dewasa ukurannya lebih kecil dibandingkan hamster campbell. 

A. Sejarah Hamster Mini Winter White
Winter White (Phodopus Sungorus Sungorus) ditemukan pertama kali pada tahun 1770. Nama Winter White diberikan pada hamster ini disebabkan oleh warna bulunya yang dapat berubah apabila terjadi perubahan suhu. Pada musim dingin, bulu hamster ini akan cendrung berubah menjadi lebih putih dan kembali ke warna asal pada musim panas.

Hamster Winter White berasal dari bagian timur Kazakhastan dan bagian tenggara Siberia.

B. Karakteristik Hamster Mini Winter White
Karakter hamster ini tenang dan kebanyakan memiliki sifat jinak,biasanya juga suka memanjat ke tangan manusia. Hamster ini bisa berubah menjadi putih jika ditempatkan di ruangan yang dingin dan kembali menjadi warna aslinya jika ditempatkan di ruangan yang bersuhu normal.

Umumnya Hamster Winter White meiliki 3 jenis variasi yaitu Saphire, Normal, dan Pearl. Hamster ini lebih malas dibandingkan hamster jenis lain dan kebnyakan waktunya dihabiskan untuk tidur daripada bermain. Hamster ini cocok untuk pemula karena mudah dijinakkan, tidak menggigit dan lebih tenang daripada hamster jenis lain.

Masak kelamin (umur dewasa/siap kawin) hamster Winter White sekitar umur 3-4 bulan, masa kehamilan hamster ini sama dengan hamster campbell yaitu sekitar 18-21 hari.

Kepala hamster winter white berbentuk segitiga sama sisi dan terlihat memanjang ke belakang. Ujung hidungnya terlihat agak membulat. Mata bulat besar, mengilap, dan posisinya lebih dekat ke telinga dari pada ke hidung. Jika dilihat dari samping, di atas hidung atau di antara bola mata dan hidungnya terdapat semacam benjolan kecil. Tulang punggung winter white cenderung agak melengkung ke atas, tidak sama dengan campbell yang terlihat berpenampilan agak ceper.

C. Kelebihan dan Kekurangan Hamster Mini Winter White
  • Kelebihan Hamster Winter White:
    • Hamster ini adalah hamster yang lebih tenang dibanding hamster mini yang lain sehingga tidak perlu susah payah untuk menjinakkannya.
    • Hamster jenis ini akan berubah warna menjadi lebih putih jika ditempatkan di ruangan yang dingin dan kembali menjadi warna aslinya jika ditempatkan di ruangan yang bersuhu normal.Tapi di Indonesia jarang sekali WW bisa mengalami perubahan warna bulu menjadi putih.
    • Hamster jenis ini memiliki postur tubuh yg bulat dan bulu yang lebih halus dr pada campbell.
  • kekurangan Hamster Winter White:
    • Kurang agresif jika dibandingkan dengan hamster mini jenis yang lain sehingga kelihatan lebih malas.
    • Jika hamster ini jatuh dari tangan atau merasa sakit jika dipegang, maka hamster ini susah untuk dijinakkan bahkan bisa kabur dari kandangnya.
    • Jika hamster ini mengigit maka akan lebih sakit dan susah dilepas jika dibandingkan dengan jenis hamster yang lain.
    • Pilihan variasi warna bulu lebih sedikit dari pada campbell, hanya 3 saja.
    • Harga cenderung lebih mahal dr pada syrian dan campbell.
D. Yang cocok memelihara hamster ini
  • Pemula yang ingin memelihara hamster yang lebih jinak dan tenang.
  • Anak-anak, karena hamster ini lebih jinak
  • Orang yang ingin memiliki hamster yang kurang agresif dari campbell.


*source : CloeHamsters, SangattaHamster

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syrian Fujiyama (White Sprinkled)

Syrian White Sprinkled (Fujiyama) Harga per ekor 100.000,- *harga diatas adalah untuk hamster anakan Kenapa namanya hamster Syrian? Simple, karena hamster ini berasal dari  Aleppo  wilayah sekitar Siria. Hamster Syrian ini adalah hamster yang paling besar dari antara hamster lain bahkan sampai ada sebutan “ Giant Hamste r” untuk hamster jenis ini dan hamster betina itu lebih besar dari hamster jantan lho karenanya terus terang saja hamster Syrian sebenarnya termasuk hewan liar yang tidak boleh di pelihara manusia apalagi di perjual-belikan. Tapi hamster Syrian ini adalah hamster yang paling di pelihara dan di sukai banyak orang bahkan sangat mudah di jumpai di pet-shop manapun. Kenapa? Karena hamster ini adalah hamster yang paling mudah untuk kita jinakan secara cepat dan kita bisa memegangnya tanpa harus banyak basa-basi soalnya hamster Syrian ini gerakannya relative lambat jadi untuk anak-anak juga pasti senang kalau memelihara hamster ini. Jadi te

Hybrid Golden Red Eye

Hybrid Golden Red Eye Harga per ekor 50.000,- *harga diatas adalah untuk hamster anakan Ciri fisik : - warna bulu saat bayi orange kekuningan, ada juga yg berwarna cream - warna bulu saat dewasa berubah menjadi lebih cerah (putih) dengan garis kuning - warna mata merah cerah - panjang tubuh saat dewasa bisa 7-9 cm - bentuk tubuh membulat (mudah gemuk) Hamster Hybrid  adalah persilangan antar jenis hamster yang menghasilkan hamster tanpa identitas yang pasti. Hamster hybrid hanya bisa terjadi karena campur tangan manusia. Perkawinan antar jenis hamster tidak akan pemah ditemukan di alam bebas. Umumnya istilah hamster hybrid ditujukan untuk hamster hasil persilangan antara hamster mini jenis campbell dan winter white. Di alam bebas, kedua jenis hamster ini berasal dari wilayah yang berbeda. Sebenarnya mengawinkan dua jenis hamster ini bukan merupakan hal yang bijak karena kedua jenis hamster ini mempunyai kecenderungan untuk terserang penyakit yan

Hybrid Blue Argente

Hybrid Blue Argente Harga per ekor 30.000,- *harga diatas adalah untuk hamster anakan Ciri fisik : - agak mirip dengan hamster campbell - warna bulu cream dengan garis abu2 muda nyaris kebiruan - warna mata merah gelap - panjang tubuh saat dewasa bisa 7-9 cm Hamster Hybrid  adalah persilangan antar jenis hamster yang menghasilkan hamster tanpa identitas yang pasti. Hamster hybrid hanya bisa terjadi karena campur tangan manusia. Perkawinan antar jenis hamster tidak akan pemah ditemukan di alam bebas. Umumnya istilah hamster hybrid ditujukan untuk hamster hasil persilangan antara hamster mini jenis campbell dan winter white. Di alam bebas, kedua jenis hamster ini berasal dari wilayah yang berbeda. Sebenarnya mengawinkan dua jenis hamster ini bukan merupakan hal yang bijak karena kedua jenis hamster ini mempunyai kecenderungan untuk terserang penyakit yang berbeda. Jadi, dengan melakukan persilangan antar hamster pada dasamya sama saja dengan mempertemukan atau mengum